Sabtu, 19 Maret 2016

cara membuat tempe

Cara Membuat Tempe Enak



Cara Membuat Tempe dengan mudah sendiri di rumah. Tempe merupakan sejenis makanan olahan dari kacang kedelai yang memiliki kandungan gizi yang tinggi. Meskipun tempe tergolong makanan yang murah, namun popularitasnya tak pernah surut sebagai salah satu makanan yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Tempe tak hanya murah saja, melainkan juga memiliki kandungan gizi yang tinggi. Karena itulah, banyak masyarakat Indonesia yang gemar untuk memakan makanan olahan tempe ini.Tempe memang tak hanya bisa digoreng, tetapi juga bisa diolah menjadi steak atau juga nugget.
Namun, kali ini kita tak akan membicarakan mengenai resep masakan olahan dari tempe melainkan akan mencoba cara membuat tempe di rumah sendiri. Memang ada banyak penjual yang menjajakan tempe, baik di tukang sayur ataupun di pasar. Namun, ada baiknya juga Anda mencoba membuatnya sendiri di rumah. Karena tempe buatan rumah tentu lebih higienis dan lebih sehat sehingga aman untuk dikonsumsi keluarga Anda. Dibandingkan membelinya di pasar, yang belum tentu terjaga higienitas dan kebersihannya lebih baik membuatnya di rumah.
Ini dia cara membuat tempe yang harus Anda simak berikut ini!
Cara Membuat Tempe
Rating: 5
Total Time: 50 hours
Bahan / Bumbu :
  1. Alat yang digunakan:
  2. Dandang
  3. Saringan
  4. Baskom
  5. Kipas angin
  6. Tempe
  7. Sotel kayu
  8. Kompor
  9. Tampah
  10. Daun pisang atau kantong plastik
  11. Bahan yang digunakan:
  12. Ragi tempe
  13. Kacang kedelai
Cara Membuat :
  1. Langkah pertama, bersihkan terlebih dahulu ayakan, cukil, kipas angin, ayakan dan peralatan lainnya sebelum digunakan.
  2. Setelah itu, cuci dan bersihkan kacang kedelai sampai bersih.
  3. Lalu kacang kedelai yang sudah dibersihkan Anda rendam kira-kira hingga 18 jam.
  4. Jika kacang kedelai sudah melunak, maka langkah selanjutnya kupas bagian kulit lalu bilas bersamaan dengan menggunakan air bersih.
  5. Setelah itu, biji kedelai direbus sampai empuk.
  6. Kemudian biji kedelai yang telah direbus tadi Anda tiriskan pada tampan, selanjutnya gunakan kipas angin untuk mengangin-anginkan biji kedelai tadi sampai terasa hangat.
  7. Setelah itu, taburkan ragi sedikit-sedikit di atas permukaannya secara merata.
  8. Lalu siapkan pembungkusnya, boleh memakai plastik ataupun daun pisang.
  9. Kemudian masukan kedelai tadi yang sudah Anda taburkan ragi pada pembungkus daun pisang/plastik. Anda bisa mengatur ukuran ketebalannya.
  10. Setelah itu lakukan proses fermentasi selama 2 hari pada suhu kamar. Saat fermentasi berlangsung Anda harus memastikan bahwa kacang kedelai dalam keadaan tertutup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar